Thursday, November 3, 2011

Hewan Dengan Rata Rata Usia Hidup Paling Lama

0 comments
Galapagos Tortoise (193 tahun)
Kura kura galapagos adalah kura kura terbesar yang masih hidup, memiliki karapaks raksasa, kaki besar, dan leher panjang. Ada beragam bentuk dan ukuran cangkang, tergantung asal pulau kura kura itu di kepulauan galapagos. Mereka menghabiskan mayoritas waktu untuk makan dalam kelompok kecil dan berjemur dikolam atau kubangan lumpur. Pada musim kawin, jantan menjadi defensif dan mulai mencari pasangan. Betina membuat sarang dilubang ditanah untuk bertelur. Kecuali beberapa yang hidup hingga lebih dari 100 tahun, kura kua galapagos tetap rentan. Ancaman utama adalah pemusnahan pada usia muda oleh spesies baru seperti tikus hitam dan kucing, dan juga persaingan dengan kambing dan sapi untuk mendapatkan tumbuhan.

Bentuk cangkang
Cangkang kura kura galapagos bervariasi dan terkait dengan kebiasaan makanya. Cangkangnya berbentuk kubah biasa memiliki subspesies pemakan rumput, sementara cangkang berpelana diadaptasi untuk memakan semak belukar.

Menyerupai raksasa
Ukuran kura kura galapagos yang mengesankan sepertinya berasal dari adaptasinya untuk hidup dilingkungan keras dengan persediaan makanan yang tidak pasti. Semakin besar ukuranya, semakin banyak makanan yang disimpan.

Kawin
Teknik bercumbu kura kura galapagos jantan berlangsung kasar. Setelah menemukan pasangan yang cocok, jantan menubruk betina agar tunduk kepadanya. Betina dilumpuhkan dengan cara mengigit kaki kakinya. Kura kura jantan kemudian menaiki punggung betina untuk kawin.

0 comments:

Followers